Rabu, 24 September 2014

PERANAN IPTEK DALAM PENGAJARAN PENJAS DAN OLAHRAGA

PERANAN IPTEKS DALAM PENGAJARAN PENJAS DAN OLAHRAGA
Oleh : Prof. Dr. H. M. Anwar Pasau, MA

Pengertian IPTEKS ( ilmu pengetahuan, teknologi dan seni )
·        ilmu pengetahuan adalah sebuah rangkaian pengetahuan yang diperoleh dari proses penalaran dan penelitian ilmiah yang diakui komunitas ilmiah sebagai kebenaran
·        teknologi adalah pengetahuan terapan yang dihasilkan dari penerapan dan pemanfaatan berbagai disiplin ilmu pengetahuan.
·        Seni adalah kemampuan manusia untuk menciptakan karya yang indah dan halus
Karena itu, IPTEK harus diterapkan dalam pengajaran penjas dan olahraga. Maksudnya disini adalah IPTEK dijadikan sebagai alat bantu ( teaching aids ) agar dapat mencapai tujuan pendidikan.
Undang-undang no. 20 tahun 2003 pasal 3, pendidikan adalah suatu usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan  suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya (spiritual, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia).

Fungsi dan tujuan pendidikan nasional
Fungsi pendidikan nasional adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
Tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada tuhan YME, berakhlak mulia, sehati, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan demokratis

Pendidikan tinggi terdiri atas:
·        Akademi
·        Sekolah tinggi
·        Institut
·        Universitas
Universitas Negeri Makassar mempunyai 2 mandat yaitu :
·        Menghasilkan berbagai ahli dalam berbagai bidang studi yang relevan dengan pendidikan dan pengajaran
·        Menghasilkan guru dan tenaga pendidik
UNM juga merupakan LPTK ( Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan )
Tugas pendidikan tinggi :
·        Pendidikan dan pengajaran
·        Penelitian
·        Pengadian kepada masyarakat
Manusia yang berkualitas tinggi adalah :
·        Menguasai dan memanfaatkan IPTEK
·        Beriman dan bertakwa kepada tuhan YME
·        Bermoral tinggi

Dalam UUD No. 3 tahun 2005 tentang sistem keolahragaan nasional pasal 17 menyatakan bahwa ruang lingkup keolahragaan meliputi :
·        Olahraga pendidikan
·        Olahraga rekreasi
·        Olahraga prestasi

Olahraga pendidikan adalah pendidikan jasmani olahraga sebagai  bagian proses pendidikan yang teratur dan berkelanjutan, memperoleh pengetahuan, kepribadian, keterampilan, kesehatan, dan kebugaran jasmani
Olahraga rekreasi adalah olahraga yang dilakukan oleh masyarakat dengan kegemaran dan kemampuan yang tumbuh sesuai dengan kondisi dan nilai budaya masyarakat setempat untuk kesehatan, kebugaran dan kesenangan.
Olahraga prestasi adalah olahraga yang membina dan mengembangkan olahragawan secara terencana, berjenjang, dan berkelanjutan melalui kompetensi untuk mencapai prestasi dengan dukungan IPTEK
OLAHRAGA : segala kegiatan yang sistematis untuk mendorong, membina serta mengembangkan potensi jasmani, rohani dan sosial.

Tugas dan tujuan keolahragaan nasional
Tugas : mengembangkan kemampuan jasmani, rohani, dan sosial serta membentuk watak dan kepribadian bangsa yang bermartabat.
Tujuan : untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani, kualitas manusia, menanamkan nilai moral dan akhlak manusia.

Kompetensi / tugas seorang guru :
·        Pedagogik
·        Kepribadian
·        Sosial
·        Profesional
Unsur kompetensi guru.
Kompetensi pedagogik :
·        Mengenal karakteristik anak didik
·        Mengetahui teori belajar dan prinsip pembelajaran
·        Mengembangkan kurikulum
·        Kegiatan pembelajaran yang mendidik
·        Memahami dan mengembangkan potensi peserta didik
·        Komunikasi dengan peserta didik
·        Penilaian dan evaluasi


Kompetensi kepribadian
·        Bertindak sesuai norma agama, hukum dan sosial
·        Menunjukkan pribadi yang dewasa dan teladan
·        Etos kerja, tanggung jawab yang tinggi dan rasa bangga menjadi guru
Kompetensi sosial
·        Bersifat interaktif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif
·        Komunikasi dengan sesama guru, tenaga pendidikan, orang tua peserta didik dan masyarakat
Kompetensi profesional
·        Penguasaan materi, struktut, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang di ajarkan
·        Mengembangkan keprofesian melalui tindakan reflektif

Analisis SWOT ( strength, weakness, opportunies and threatness ) olahraga di Indonesia
Analisis SWOT olahraga rekseasi :
Olahraga rekreasi bernaung dibawah FORMI ( Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia ) atau Sport For All Federation.
Olahraga rekreasi terdiri dari :
·        Olahraga massal adalah olahraga yang melibatkan segenap kalangan dan lapisan masyarakat
·        Olahraga tradisional adalah olahraga rakyat yang lahir dari tradisi dan hiburan lokal menjadi hiburan nasional
·        Olahraga kesehatan adalah olahraga yang bertujuan untuk menyehatkan masyarakat
·        Olahraga khusus adalah olahraga yang diperuntukkan bagi penyandang cacat

Kekuatan/strength olahraga rekreasi
·     Olahraga prestasi adalah olahraga yang dilakukan setiap orang mulai usia dini, remaja dan orang tua. Tujuannya adalah untuk memperolek kesehatan, kebugaran dan kegembiraan serta membangun hubungan sosial
·     Melestarikan dan meningkatkan kekayaan budaya daerah dan budaya nasional
·     Menanamkan budaya, kegemaran berolahraga sejak dini dan meningkatkan derajat kesehatan
·     Melestarikan dan mengembangkan olahraga rakyat, olahraga massal dan olahraga khusus
·     Olahraga rekreasi adalah olahraga yang murah, mudah, meriah, menarik dan manfaat
Kelemahan/weakness olahraga rekreasi
·     Organisasi belum terbentuk di semua daerah
·     Kegiatan olahraga rekreasi belum terlaksana secara teratur
·     Olahraga rekreasi belum memiliki guru, pelatih atau pembina
·     Belum ada sarana dan prasara yang dapat di manfaatkan
·     Belum ada sumber dana
·     Belum ada festival/pertandingan khusus untuk olahraga prestasi
Peluang/Opportunies olahraga rekreasi
·     Olahraga rekreasi adalah kebutuhan utama dan digemari masyarakat
·     Olahraga rekreasi menjadi bagian dari olahraga pendidikan dan olahraga kesehatan serta penunjang olahraga prestasi
·     Menjadi sarana dan wadah untuk membina dan mengembangkan budaya daerah menjadi budaya nasional
Kelemahan/threat olahraga prestasi
·        Oahraga prestasi belum disepakati untuk dipertandingkan dan belum ada festival khusus
·        Belum ada tenaga pelatih, sarana prasarana dan pembina
·        Peraturan yang masih berbeda-beda tiap daerah
Kekuatan/strength penjas OR
·        Satu-satunya mata pelajaran yang  di fokuskan pada kegiatan jasmani
·        Memberikan sumbangan bagi pengembangan diri
·        Membiasakan dan melatih anak-anak untuk berkompetisi dan bekerjasama
Kelemahan/weaknes penjas OR
·        Pendidikan jasmani adalah pelajaran wajib tapi belum terlaksana dengan baik sesuai tuntutan kurikulum
·        Guru penjas belum memadai baik kualitas maupun kuantitas
·        Sarana dan prasarana belum memadai
Peluang/opportunies penjas OR
·        Penjasorkes adalah bagian integral dari pendidikan melalui aktivitas jasmani
·        Penjasorkes adalah pondasi dan dasar utama untuk pengembangan potensi gerak olahraga
·        Merupakan dasar pembinaan watak dan sosial anak didik
ancaman/threat penjas OR
·        Tidak ada sanksi bagi sekolah yang tidak melaksanakan kegiatan olahraga
·        Belum tersedianya guru pendidikan jasmani yang profesional
·        Sarana dan prasarana penjas orkes yang tersedia dialihfungsikan

Kekuatan/strength olahraga prestasi
·        Dapat mengangkat harkat dan martabat bangsa di mata internasional
·        Olahraga merupakan hak asasi manusia
·        Dapat menjembatani perdamaian dunia


Media pembelajaran
Media berasal dari kata medium yang berarti perantara. Media adalah alat, metode atau tehnik yang digunakan untuk mengefektifkan komunikasi dan interaksi dengan siswa
Menurut umar tirtaraharja, media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan.
Menurut olsom, media sebagai teknologi untuk menyajikan dan merekam melalui rangsangan indera tertentu
Menurut santoso hamidjojo, media adalah segala bentuk perantara yang digunakan manusia
Jadi, media bukan hanya alat bantu tapi juga alat penyalur pesan dari produser ke penerima pesa.

Fungsi media pembelajaran
·        Merangsang siswa untuk belajar
·        Siswa aktif merespon
·        Mempercepat pemahaman siswa
·        Hasil belajar yang jelas
·        Memperlancar komunikasi
Beberapa alat media pembelajaran
·        Media audio
·        Media visual
·        Media cetak bersuara
·        Media cetak
·        Media proyeksi dengan suara

·        Media visual dengan gerak, dll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar serta kritik dan saran yang membangun. Terima Kasih.

Popular Post