PERANAN IPTEKS DALAM
PENGAJARAN PENJAS DAN OLAHRAGA
Oleh : Prof. Dr. H. M.
Anwar Pasau, MA
Pengertian IPTEKS ( ilmu pengetahuan, teknologi dan seni )
·
ilmu
pengetahuan adalah sebuah rangkaian pengetahuan yang diperoleh dari proses
penalaran dan penelitian ilmiah yang diakui komunitas ilmiah sebagai kebenaran
·
teknologi
adalah pengetahuan terapan yang dihasilkan dari penerapan dan pemanfaatan
berbagai disiplin ilmu pengetahuan.
·
Seni
adalah kemampuan manusia untuk menciptakan karya yang indah dan halus
Karena itu, IPTEK harus diterapkan
dalam pengajaran penjas dan olahraga. Maksudnya disini adalah IPTEK dijadikan
sebagai alat bantu ( teaching aids ) agar dapat mencapai tujuan pendidikan.
Undang-undang no. 20 tahun 2003 pasal
3, pendidikan adalah suatu usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar
peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya (spiritual,
pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia).
Fungsi dan tujuan
pendidikan nasional
Fungsi pendidikan nasional adalah
mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa bermartabat
dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
Tujuan pendidikan nasional adalah
mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada tuhan YME, berakhlak mulia, sehati, berilmu, cakap, kreatif,
mandiri dan demokratis
Pendidikan tinggi
terdiri atas:
·
Akademi
·
Sekolah tinggi
·
Institut
·
Universitas
Universitas Negeri Makassar mempunyai
2 mandat yaitu :
·
Menghasilkan
berbagai ahli dalam berbagai bidang studi yang relevan dengan pendidikan dan
pengajaran
·
Menghasilkan
guru dan tenaga pendidik
UNM juga merupakan LPTK ( Lembaga
Pendidikan Tenaga Kependidikan )
Tugas pendidikan tinggi :
·
Pendidikan
dan pengajaran
·
Penelitian
·
Pengadian
kepada masyarakat
Manusia yang berkualitas tinggi adalah :
·
Menguasai
dan memanfaatkan IPTEK
·
Beriman
dan bertakwa kepada tuhan YME
·
Bermoral
tinggi
Dalam UUD No. 3 tahun 2005 tentang
sistem keolahragaan nasional pasal 17 menyatakan bahwa ruang lingkup keolahragaan
meliputi :
·
Olahraga
pendidikan
·
Olahraga
rekreasi
·
Olahraga
prestasi
Olahraga pendidikan adalah pendidikan
jasmani olahraga sebagai bagian proses
pendidikan yang teratur dan berkelanjutan, memperoleh pengetahuan, kepribadian,
keterampilan, kesehatan, dan kebugaran jasmani
Olahraga rekreasi adalah olahraga
yang dilakukan oleh masyarakat dengan kegemaran dan kemampuan yang tumbuh
sesuai dengan kondisi dan nilai budaya masyarakat setempat untuk kesehatan,
kebugaran dan kesenangan.
Olahraga prestasi adalah olahraga
yang membina dan mengembangkan olahragawan secara terencana, berjenjang, dan
berkelanjutan melalui kompetensi untuk mencapai prestasi dengan dukungan IPTEK
OLAHRAGA : segala kegiatan yang
sistematis untuk mendorong, membina serta mengembangkan potensi jasmani, rohani
dan sosial.
Tugas dan tujuan
keolahragaan nasional
Tugas : mengembangkan kemampuan
jasmani, rohani, dan sosial serta membentuk watak dan kepribadian bangsa yang
bermartabat.
Tujuan : untuk memelihara dan
meningkatkan kesehatan dan kebugaran jasmani, kualitas manusia, menanamkan
nilai moral dan akhlak manusia.
Kompetensi / tugas
seorang guru :
·
Pedagogik
·
Kepribadian
·
Sosial
·
Profesional
Unsur kompetensi guru.
Kompetensi pedagogik :
·
Mengenal
karakteristik anak didik
·
Mengetahui
teori belajar dan prinsip pembelajaran
·
Mengembangkan
kurikulum
·
Kegiatan
pembelajaran yang mendidik
·
Memahami
dan mengembangkan potensi peserta didik
·
Komunikasi
dengan peserta didik
·
Penilaian
dan evaluasi
Kompetensi kepribadian
·
Bertindak
sesuai norma agama, hukum dan sosial
·
Menunjukkan
pribadi yang dewasa dan teladan
·
Etos
kerja, tanggung jawab yang tinggi dan rasa bangga menjadi guru
Kompetensi sosial
·
Bersifat
interaktif, bertindak objektif, serta tidak diskriminatif
·
Komunikasi
dengan sesama guru, tenaga pendidikan, orang tua peserta didik dan masyarakat
Kompetensi profesional
·
Penguasaan
materi, struktut, konsep dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran
yang di ajarkan
·
Mengembangkan
keprofesian melalui tindakan reflektif
Analisis SWOT ( strength, weakness, opportunies and threatness ) olahraga
di Indonesia
Analisis SWOT olahraga rekseasi :
Olahraga rekreasi bernaung dibawah
FORMI ( Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia ) atau Sport For All
Federation.
Olahraga rekreasi terdiri dari :
·
Olahraga
massal adalah olahraga yang melibatkan segenap kalangan dan lapisan masyarakat
·
Olahraga
tradisional adalah olahraga rakyat yang lahir dari tradisi dan hiburan lokal
menjadi hiburan nasional
·
Olahraga
kesehatan adalah olahraga yang bertujuan untuk menyehatkan masyarakat
·
Olahraga
khusus adalah olahraga yang diperuntukkan bagi penyandang cacat
Kekuatan/strength olahraga rekreasi
· Olahraga prestasi adalah olahraga
yang dilakukan setiap orang mulai usia dini, remaja dan orang tua. Tujuannya
adalah untuk memperolek kesehatan, kebugaran dan kegembiraan serta membangun
hubungan sosial
· Melestarikan dan meningkatkan
kekayaan budaya daerah dan budaya nasional
· Menanamkan budaya, kegemaran
berolahraga sejak dini dan meningkatkan derajat kesehatan
· Melestarikan dan mengembangkan
olahraga rakyat, olahraga massal dan olahraga khusus
· Olahraga rekreasi adalah olahraga
yang murah, mudah, meriah, menarik dan manfaat
Kelemahan/weakness olahraga rekreasi
· Organisasi belum terbentuk di semua
daerah
· Kegiatan olahraga rekreasi belum
terlaksana secara teratur
· Olahraga rekreasi belum memiliki
guru, pelatih atau pembina
· Belum ada sarana dan prasara yang
dapat di manfaatkan
· Belum ada sumber dana
· Belum ada festival/pertandingan
khusus untuk olahraga prestasi
Peluang/Opportunies
olahraga rekreasi
· Olahraga rekreasi adalah kebutuhan
utama dan digemari masyarakat
· Olahraga rekreasi menjadi bagian dari
olahraga pendidikan dan olahraga kesehatan serta penunjang olahraga prestasi
· Menjadi sarana dan wadah untuk
membina dan mengembangkan budaya daerah menjadi budaya nasional
Kelemahan/threat
olahraga prestasi
·
Oahraga
prestasi belum disepakati untuk dipertandingkan dan belum ada festival khusus
·
Belum
ada tenaga pelatih, sarana prasarana dan pembina
·
Peraturan
yang masih berbeda-beda tiap daerah
Kekuatan/strength
penjas OR
·
Satu-satunya
mata pelajaran yang di fokuskan pada
kegiatan jasmani
·
Memberikan
sumbangan bagi pengembangan diri
·
Membiasakan
dan melatih anak-anak untuk berkompetisi dan bekerjasama
Kelemahan/weaknes
penjas OR
·
Pendidikan
jasmani adalah pelajaran wajib tapi belum terlaksana dengan baik sesuai
tuntutan kurikulum
·
Guru
penjas belum memadai baik kualitas maupun kuantitas
·
Sarana
dan prasarana belum memadai
Peluang/opportunies
penjas OR
·
Penjasorkes
adalah bagian integral dari pendidikan melalui aktivitas jasmani
·
Penjasorkes
adalah pondasi dan dasar utama untuk pengembangan potensi gerak olahraga
·
Merupakan
dasar pembinaan watak dan sosial anak didik
ancaman/threat penjas
OR
·
Tidak
ada sanksi bagi sekolah yang tidak melaksanakan kegiatan olahraga
·
Belum
tersedianya guru pendidikan jasmani yang profesional
·
Sarana
dan prasarana penjas orkes yang tersedia dialihfungsikan
Kekuatan/strength
olahraga prestasi
·
Dapat
mengangkat harkat dan martabat bangsa di mata internasional
·
Olahraga
merupakan hak asasi manusia
·
Dapat
menjembatani perdamaian dunia
Media pembelajaran
Media berasal dari kata medium yang
berarti perantara. Media adalah alat, metode atau tehnik yang digunakan untuk
mengefektifkan komunikasi dan interaksi dengan siswa
Menurut umar tirtaraharja, media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan
untuk menyalurkan pesan.
Menurut olsom, media sebagai teknologi untuk menyajikan dan merekam melalui
rangsangan indera tertentu
Menurut santoso hamidjojo, media adalah segala bentuk perantara yang
digunakan manusia
Jadi, media bukan hanya alat bantu
tapi juga alat penyalur pesan dari produser ke penerima pesa.
Fungsi media
pembelajaran
·
Merangsang
siswa untuk belajar
·
Siswa
aktif merespon
·
Mempercepat
pemahaman siswa
·
Hasil
belajar yang jelas
·
Memperlancar
komunikasi
Beberapa alat media
pembelajaran
·
Media
audio
·
Media
visual
·
Media
cetak bersuara
·
Media
cetak
·
Media
proyeksi dengan suara
·
Media
visual dengan gerak, dll
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan memberikan komentar serta kritik dan saran yang membangun. Terima Kasih.