Kamis, 31 Desember 2020

MANAJEMEN OLAHRAGA (Perencanaan Pada Manajemen Olahraga)

Sumber Gambar: expertum.net

 

Fungsi Perencanaan

Perencanaan pada dasarnya adalah penyusunan sebuah pola tentang-aktivitas-aktivitas masa yang akan datang yang terintegrasi dan dipredeteminasi. Hal tersebut mengharuskan adanya kemampuan untuk meramalkan, memvisualisasikan dan melihat kedepan yang dilandasi dengan tujuan-tujuan tertentu. Sehingga fungsi perencanaan merupakan suatu fungsi yang fundamentas dari manajemen yang sangat diperlukan.

 

Ragam perencanaan:

a. perencanaan jangka pendek (cakupan waktu kurang dari 1 tahun)

b. perencanaan jangka menengah (cakupan waktu lebih dari 1 tahun dan kurang dari 5 tahun)

c. perencanaan jangka panjang (cakupan waktu lebih dari 5 tahun

 

Keuntungan melakukan perencanaan

a. timbulnya aktivitas-aktivitas yang teratur yang ditujukan ke arah  pencapaian sasaran

b. dapat menunjukkan apakah perlunya perubahan dimasa depan

c. perencanaan memberikan dasar atau landasan agar dapat dilakukan pengawasan

d. perencanaan mendorong orang memberikan prestasi sebaik mungkin


Menyusun suatu perencanaan stratejik

a. maksud

maksud dari suatu proses perencanaan stratejik adalah mengerjakan beberapa hal yang diperlukan agar perencanaan dapat terlaksana. Hal tersebut seperti:

1. menghasilkan suatu dokumen atau seperangkat dokumen yang akan mendefenisikan misi, maksud dan tujuan

2. membuat rencana operasi jangka pendek, menengah dan panjang

3. menyusun rencana keuangan berdasarkan jangkanya masing-masing

 

b. Proses

pada saat proses perencanaan stratejik berjalan maka yang perlu diperhatikan dan dikerjakan adalah:

1. susunlah waktu yang tepat untuk penyelesaian rencana

2. lakukanlah analisis dari pemangku kepentingan (stakeholder)

3. rancangan pernyataan misi

4. membuat perkiraaan eksternal seperti hasil penelitian, kebutuhan dari pelanggan dan kecenderungan yang akan terjadi di masa yang akan datang

5. lakukan penilaian internal  seperti kekuatan dan kelemahan 


Menyusun suatu rencana bisnis

Jika dalam manajemen olahraga sudah memiliki perencanaan stratejik yang siap untuk dilaksanakan. Maka salah satu tujuannya bisa diarahkan ke ranah bisnis, khusunya bisnis olahraga. Untuk itu diperlukan juga suatu rencana bisnis agar bisnis yang dilakukan ke depannya dapat berjalan dengan baik. isi dari suatu rencana bisnis dapat berupa:

1. maksud internal bisa berupa road map pengembangan bisnis, visi untuk perusahaan, strategi perusahaan dan lain-lain

2. maksud internal bisa berupa metode informasi yang digunakan perusahaan kepada pihak luar, sumber daya uang yang potensial dan personel kunci yang perlu untuk direkrut

3. mengapa perencanaan bisnis itu penting? Tentunya ini harus menjadi  kalimat yang harus diperhatikan.  Penyiapan rencananya bisa berupa:

- memerintahkan tim manajemen untuk mengembangkan visi untuk bisnis yang akan datang

- tujuan kedepan yang harus dibuat

- mengklarifikasi kesempatan yang akan datang dan juga ancamannya

- membentuk kerangka untuk pengambilan keputusan

4. informasi apa yang harus disediakan oleh perencanaan bisnis. Beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti:

- dimana bisnis anda sekarang

- ingin menuju kemana bisnis anda bergerak

- bagaimana anda dapat mencapai tempat itu

- darimana uang dan sumber daya yang diperlukan berasal

- peluang dan ancaman pa yang dihadapi oleh bisnis


Sumber   : Buku “Dasar-Dasar Manajemen Olahraga”

Penulis    : Harsuki

Penerbit  : PT. Rajagrafindo Persada


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar serta kritik dan saran yang membangun. Terima Kasih.

Popular Post