semester 1
Mendidik
via olaharga
Menurut pribadi saya,
mendidik via olahraga adalah melakukan kegiatan pengajaran dan pendidikan
dimana kegiatan olahraga dijadikan media atau alat untuk membantu tercapainya
tujuan pendidikan itu sendiri.
James A. Baley dan
David A.Field (2001; dalam Freeman, 2001). Mengemukakan bahwa pendidikan
jasmani adalah suatu proses terjadinya adaptasi dan pembelajaran secara
organik, neuromusculaer, intelektual, sosial, kultural, emosional dan estetika
yang dihasilkan dari proses pemilihan berbagai aktivitas jasmani.
Tujuan pendidikan
nasional itu sendiri adalah adalah
mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indoensia seutuhnya,
yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan
berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani
dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab
kemasyarakatan dan kebangsaan.
Dengan adanya sosialisasi
pendidikan melalui olahraga, diharapkan para peserta didik tidak hanya cerdas
dalam segi intelegensi, tapi mempunyai kecerdasan dalam aktifitas fisik. Selain
itu dengan adanya kegiatan mendidik melalui olahraga, diharapkan peserta didik
mempunya kebugaran tubuh yang baik. Yang dapat menunjang aktifitas peserta
didik dalam rangka mengikuti berbagai pendidikan yang dijalani.
Mendidik
ke dalam olahraga
Menurut saya pribadi
mendidik kedalam olahraga adalah proses menanamkan nilai-nilai pendidikan ke
setiap kegiatan atau aktifitas olahraga yang dilakukan. Pendidikan ke dalam
olahraga ini perlu terutama untuk kegiatan olahraga yang bertujuan untuk meraih
prestasi. Karena tanpa adanya nilai-nilai pendidikan yang ditanamkan dalam
setiap olahraga, bisa saja terjadi ketidakharmonisan dalam melakukan aktifitas
olahraga atau dengan orang-orang yang juga
melakukan kegiatan olahraga yang sama.
Beberapa nilai
pendidikan yang dapat diterapkan dalam kegiatan berolahraga antara lain :
kooperatif, komunikasi, menghargai peraturan, memecahkan masalah, pengertian,
berhubungan dengan orang lain, kepemimpinan, mengatur strategi, dll.
Berdasarkan penelitian
yang dilakukan terbukti bahwa olahragawan yang mempunyai prestasi gemilang
rata-rata merupakan olahragawan yang mempunyai tingkat intelegensi yang baik.
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pendidikan harus ada di setiap kegiatan
olahraga dan nilai-nilai pendidikan harus ada di setiap jiwa para olahrgawan.
Sumber :
Nopembri Sony. 2012. Makalah
mengembangkan kompetensi sosial dan interpersonal anak dalam pendidikan jasmani
Sumaryanto. 2010. Makalah pembentukan
karakter melalui olahraga (staf.uny.ac.id)
Haryanto. 2012. Artikel tujuan
pendidikan nasional (belajarpsikologi.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan memberikan komentar serta kritik dan saran yang membangun. Terima Kasih.